4 Alasan Anak Sembelit Karena Susu Formula Yang Tidak Tepat

Sering mengalami masalah sembelit pada bayi karena susu formula? Pada masa tumbuh kembang bayi, terutama ketika usia dibawah 1 tahun, konsumsi susu formula sangat penting. Susu formula diberikan untuk anak dalam menunjang kebutuhan nutrisinya dan bisa menjadi menu makanan untuk bayi yang tidak mengkonsumsi ASI. Namun, tidak semua produk susu bisa dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan anak. Sehingga supermarket tidak hanya jual Bebelac tetapi juga susu formula merk lain.

Masalah pencernaan pada anak yang timbul setelah konsumsi susu formula disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari penyeduhan susu formula yang salah, tekstur susu formula yang terlalu kental hingga masalah alergi pada anak. Sebab itu, bila diperhatikan di supermarket atau toko online yang jual Bebelac dan susu lainnya, ada banyak susu formula yang kini ditambahkan serat pangan maupun diperkaya probiotik.

Dalam saluran cerna, terdapat sejumlah bakteri baik yang bertugas untuk melindungi sistem cerna. Bakteri ini selain mampu menjadi imunitas tubuh juga bisa membantu kelancaran sistem cerna sehingga anak tidak mengalami sembelit ataupun diare. Maka tidak heran toko online banyak yang jual Bebelac maupun produk susu yang kaya serat atau probiotik.

Berikut merupakan beberapa alasan anak sembelit ketika konsumsi susu formula :

  • Tekstur susu formula kental. Tekstur susu formula ada baiknya tidak terlalu kental. ASI yang sebagai konsumsi harian bayi memiliki kandungan air sebanyak 90%. Sehingga kekentalan susu berpengaruh kepada kerja sistem cerna anak. Susu yang kental lebih sulit dicerna oleh anak sama seperti konsumsi nasi lebih lama dicerna dibandingkan bubur.
  • Proses penyeduhan susu yang salah. Sama seperti poin sebelumnya, kekentalan susu berpengaruh terhadap cara sistem cerna anak bekerja. Banyak ibu yang salah melakukan proses penyeduhan susu dengan memberikan air yang cukup sedikit sehingga tekstur susu kental. Pemberian air yang terlalu banyak juga bisa mengurangi nilai nutrisi susu. Ada baiknya untuk menyajikan susu sesuai dengan saran penyajian pada box atau kaleng susu formula tersebut.
  • Tidak mengonsumsi pangan lain. Alasan anak sembelit ketika konsumsi susu lainnya adalah kurangnya asupan nutrisi pangan lain. Anak dianjurkan mengonsumsi serat untuk kesehatan sistem cernanya yang didapat dari buah maupun sayur. Konsumsi susu berlebih sehingga menggeser menu makannya, bisa menyebabkan sembelit karena kurang asupan serat.

Pemberian susu kaya serat seperti Bebelac Gold bisa jadi alternative masalah ini. Kamu bisa membeli produk ini ketika belanja perlengkapan bayi bulanan. Baik online maupun offline melalui supermarket terdekat. Dengan konsumsi susu kaya serat maupun probiotik, dapat membantu sistem cerna anak lebih sehat.

Alergi susu. Kasus alergi susu pada anak sendiri cenderung terjadi karena anak mengalami intoleransi laktosa maupun alergi pada suatu kandungan dalam susu. Gejala yang dialami adalah ruam, sembelit atau diare hingga perut kembung. Segera hubungi layanan kesehatan terdekat bila terjadi masalah tersebut