Bagaimana Agar Tetap Terhidrasi Saat Berenang

Kebanyakan orang berpikir bahwa perenang tidak perlu minum cairan secara teratur selama pelajaran berenang mereka, tidak seperti orang yang melakukan bentuk latihan lain. Tapi ini adalah kesalahpahaman yang populer. Hanya karena seseorang berada di dalam air tidak berarti dia secara default terhidrasi. Dehidrasi tergantung pada seberapa banyak Anda berkeringat selama beraktivitas. Dan, renang dikategorikan oleh pelatih fisik sebagai olahraga berat. Masalah dengan berenang adalah keringat terhanyut oleh air sehingga tidak terlihat oleh mata manusia. Satu-satunya cara untuk mengetahui seberapa banyak perenang berkeringat selama kelas renang mereka adalah dengan mencatat berat badan mereka sebelum dan sesudah kelas renang.

Dokter mengatakan bahwa anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi daripada orang tua. Inilah alasan mengapa Anda harus mengambil setiap langkah untuk menjaga bayi Anda tetap terhidrasi selama pelajaran renangnya. Langkah terpenting adalah mendiagnosis dehidrasi dengan benar berdasarkan gejalanya. Gejala dehidrasi yang paling umum adalah mulut kering yang sering disertai dengan lidah yang bengkak. Tanda-tanda lainnya termasuk kelelahan dan rasa pusing. Gejala umum lainnya adalah ingin buang air kecil padahal sebenarnya tidak banyak urine di dalam kandung kemih. Apalagi jika keinginan untuk buang air kecil merupakan gejala dehidrasi maka Anda akan melihat warna urine anak Anda lebih gelap dari biasanya. Ini semua adalah gejala anak Anda yang menderita dehidrasi akibat aktivitas yang berkepanjangan.

Dikatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, Anda harus melakukan tindakan terlebih dahulu untuk mencegah anak Anda mengalami dehidrasi selama kelas renang bayi. Untuk ini pastikan dia memiliki air secara berkala. Sebagian besar kelas renang anak-anak memberikan waktu istirahat secara teratur tetapi Anda harus memastikan bahwa anak Anda beristirahat setiap 15 menit.

Seringkali terlihat bahwa bayi menolak untuk minum meskipun mereka mengalami dehidrasi parah. Hal ini karena tubuh dikelilingi oleh air sehingga otak mengirimkan sinyal bahwa tubuh tidak membutuhkan air lagi. Dalam situasi seperti ini, Anda dapat memberi anak Anda cairan lain untuk diminum. Penting juga untuk diingat bahwa konsumsi air setiap hari mempengaruhi tingkat dehidrasi dan oleh karena itu sangat penting bagi anak Anda untuk mengonsumsi setidaknya setengah galon air setiap hari agar relatif lebih terhidrasi selama kelas renangnya.